Senin, 25 April 2011

10 Danau Alami yang Luar Biasa di Dunia


Ada banyaaaaak sekali danau di dunia ini.. macamnya pun ada banyak.. ada danau yang sangat besar, danau kecil, danau air tawar, danau bawah tanah, danau air asin, dll.. berikut ini adalah 10 danau luar biasa yang ada di dunia.. lumayan buat nambah2 pengetahua kita..





Danau Ubur-ubur (Jellyfish Lake)
Jika anda ingin berenang disuatu danau yang terpencil yang dipenuhi dengan ubur-ubur.. Anda boleh kok berlibur ke sini.. Danau Ubur-ubur ini terbentuk sekitar 12.000 tahun yang lalu di Eil Malk salah satu pulau bebatuan Palau salah satu tempat di kawasan mikronesia.. penasaran kok bisa ada ubur2nya? melihat letak danau ini yang ada di daerah mikronesia.. diperkirakan pada jaman dahulu kala karena suatu aktivitas geologi, pulau ini terangkat ke atas dan membuat air lautnya terjebak ditengah-tengahnya..
aniway, danau di Indonesia juga ada loh yang ada ubur-uburnya.. tapi ane lupa apa nama danaunya.. kalo ga salah di Jawa barat.. waktu ane ke Pulau Sempu juga ada jellyfish nya.. tapi sempu kan bukan danau.. hehe :-P

sebagai info.. El Nino sering banget muncul di danau ini hampir setiap dekade.. dan akibatnya temperatur danau jadi naik.. tentunya hal ini membuat banyak ubur2 yang mati.. tapi hebatnya si kecil ini selalu muncul dan muncul lagi.. hebaat..

Mono Lake, California, USA

Mono Lake terletak di daerah California-Nevada sebelah timurnya berbatasan dengan Yosemite National Park. Danau ini memiliki kandungan garam dan mineral yang sangaaat tinggi.. dan selama beribu ribu tahun tidak mengalami penguapan.. maksudnya kandungannya bisa tetap tinggi selama ribuan tahun.
dan juga di danau ini udangnya buanyaaak banget..

Foto di atas hampir menggambarkan keadaan sebenarnya di Mono Lake. Aniway Danau ini telah menginspirasi banyak seniman dan sutrada utk membuat karya2 mereka..

Diego de la Haya, Costa Rica

Danau Kawah yang terletak di Costarica ini sekilas agak mirip danau Kelimutu yang ada di NTT Indonesia. Danau Diego de La Haya ini adalah satu di antara 5 danau kawah yang ada di Mt.Irazu. Warna airnya bisa berubah dari hijau menjadi abu-abu, pink atau merah tergantung dari aktivitas gas yang ada di bawahnya..
Gunung Irazu meletus terakhir kali tahun 1962-1965. Konon pada saat meletus, presiden AS John F Keneddy lagi ada di Costarica..



Lake Nyos, Cameroon

berbeda dengan gambar gambar sebelumnya perbedaan warna di Danau Nyos ini mengakibatkan suatu hal yang fatal.. hampir 1700 orang di sekitar danu meninggal akibat sesak nafas karena CO2 yang dikeluarkan.. Para pengamat menduga CO2 muncul karena patahan bebatuan dibawah danau yang menekan CO2 keluar di danau melalu gelembung-gelembung. Kejadianny hampir mirip lumpur lapindo ya Gan.. aniway, mungkin itu yang menyebabkan danau ini disebut danau NYOSSS!! hehe


ini gan semburan Gas CO2nya..


Lake Baikal, Russia

Kalau ada yang pantas disebut sebagai ratunya danau maka Danau Baikal lah yang paling pantas disebut demikian.. Walaupun seluruh danau di Amerika Utara digabungin. Jumlah air tawarnya masih kalah loh dibandingin jumlah air tawar danau baikal.. Woww!!!
Danau ini juga adalah danau yang tertua di dunia, usianya sekitar 25 juta tahun.. woww!! (lagi) ada 2500 spesies unik yang hidup di danau ini..

ini foto bebatuan yang ada di danau Baikal.. Danau yang kandungan air tawarnya merupakan 20% dari air tawar dunia.. Semoga danau ini tetep lestari ya gan..

Loch Ness, Scotland, UK


Danau ini terkenal dengan monster nya Nessie.. Kedalaman danau ini yang mencapai 754 kaki. Kandungan air tawarnya lebih dari seluruh danau yang ada di inggris dan wales dijadikan satu gan..

Dead Sea, Israel/Jordan (Laut Mati)


Laut Mati.. terlepas dari namanya yang sereem.. Danau ini memang memiliki banyak keanehan dan keunikan.. sama seperti Mono Lake, kandungan garam di Laut Mati sangat tinggi.. sampai sampai nenek aja bisa ngambang sambil baca koran kalo nyemplung ke sini. Selain itu laut Mati cuman punya satu muara sungai dari sungai Jordan. Udah gitu jarang banget ujan turun di sini..
terletak 1385 kaki dibawah permukaan laut.. Laut mati juga merupakan daerah kering terendah di dunia.. Gak percaya cobain aja ke sini buat ngerasain tempat terendahnya 1240 kaki di bawah permukaan.

Air di Laut mati 8 x lipat lebih asin dari air laut loh… karena kandungan air laut 97% adalah sodium klorida.

Lake Toba, Indonesia

Akhirnyaa ini dia, Danau Toba!!

Danau Toba merupakan salah satu tempat yang tenteram dan sepi.. dulu ane 5 tahun di medan hampir tiap tahun ke sini gan.. malah pernah juga kemah dipinggir danau toba. Memang tenteram dan damai banget suasananya.. aniwayyy.. danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi puluhan juta tahun lalu.. hampir seusia Danau Baikal nih. Saking hebatnya letusan ini, anak benua India (mungkin Asia di masa lampau) tertimbun debu setebal 7 inci. Dan hampir seluruh dunia mengalami musim dingin selama 6 tahun akibat langit yang tertutup debu.. Wawww.. konon letusan tsb merupakan salah satu letusan terkeras di dunia!! Nah danau yang sekarang kita lihat ini adalah kaldera yang terisi air setelah melalui proses alam bertahun tahun lamanya..

umat manusia harus menanggung keonsekuensi yang berat akibat letusan tersebut.. banyak manusia dan spesies yang menjadi korban.. bahkan umat manusia pada saat itu hanya tinggal beberapa puluhan ribu.. Apakah ini berhubungan dengan atlantis? ane ga tau ya gan…:-)

Aral Sea, Russia


Pernah menjadi danau terbesar di dunia Laut Aral saat ini menjadi korban dari kesalahan manajemen lingkungan yang dilakukan unisoviet. Saat ini Uzbekistan dan Kazakhtan harus menanggung beban perbaikan kerusakan lingkungan laut Aral.

semoga lingkungan di dunia tetap terjaga.. ayo jangan suka buang sampah sembarangan ya gan.. walaupun ga ada yang liat..

Lake Vostok, Antarctica


jauuuuh di bawah timbunan es Antartika, 12.500 kaki dibawah lapisan es, “kemungkinan” ada sebuah danau yang masih tetap cair meskipun telah tertimbun selama puluhan juta tahun. Ini adalah Danau yang paling Terisolir di dunia dan amat sangat kekurangan sinar matahari.

Suatu Ekspedisi Russia pernah mencoba utk mengeksplorasi dan mengebor danau ini.. mencoba mengambil sampel air dan bacteria yang ada di sana.. atau mungkin ada spesies lain yang masih bia bertahan.. siapa yang tau.. Tempat tempat yang terisolir seperti gua (cave) biasanya memiliki spesies yang kuat untuk beradaptasi dan bertahan hidup. tahan terhadap temperatur panas dingin, gelap dan tekanan. Siapa yang tau apa yang ada di bawah sana semenjak danau Vostok tertutp salju semenjak kurang lebih 40 juta tahun yang lalu?..
Kita tidak pernah tau apa yang sedang bertahan hidup di sana akan tetapi jika “apapun itu” sedang hidup di sana.. untuk apa kita mengganggu mereka?

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar